world of knowledge Home / About me /

Teknologi impian akan segera terwujud

Leave a Comment

          
 Dulu banyak hal yang kita anggap sesuatu yang khayal dan tidak mungkin akan terwujud. tetapi ternyata teknologi berkembang dengan sangat pesat. Dan masa depan dengan teknologi yang kita bayangkan akan segera terwujud. Berikut ini beberapa teknologi menakjubkan yang sedang dikembangkan.




1. Super Smart Assistants

14129231021626622150


Teknologi asisten pribadi yang dapat diaktifkan dengan suara telah beredar ke public seperti Siri, Google Now dan yang terbaru Microsoft Cortana, yang terinspirasi oleh seri video game Halo. Lebih dari itu beberapa proyek dari IBM seperti Watson dan CYC dari Cycorp telah mengangkat teknologi asisten pribadi yang dapat belajar dan berpikir ke level selanjutnya. Tapi yang terbaik belum tiba, karena para ilmuan memperkirakan bahwa kemampuan computer akan meningkat 50 – 100 kali lipat di 2030. Memulai era asisten pribadi yang super pintar yang membuat manusia lebih efisien dalam bekerja dan melakukan riset.

2. Hypersonic Trains

14129232021408064821
   Transportasi kereta super cepat mungkin dapat menjadi alternative transportasi udara di masa depan, merevolusi transportasi internasional. Ilmuan di Cina sudah melakukan tes konsep kereta yang dinamakan Super-Maglev yang dapat mencapai kecepatan 2900 kmph (atau jarak Jakarta-Surabaya dalam waktu 15 menit saja). Berjalan di dalam tabung kedap udara di sebagian besar perjalanannya, kereta yang melayang menggunakan magnet tersebut dapat ditenagai oleh matahari dan tahan terhadap kondisi angin dan cuaca disekitarnya. Proyek mirip di Amerika yang dinamai “Hyperloop” diperkirakan dapat tercapai secepat-cepatnya di 2040. Hyperloop diklaim tidak akan pernah tabrakan dan 2x lebih cepat dari pesawat, 4x lebih cepat dari kereta listrik kecepatan tinggi, selain itu dapat membawa penumpang dari San Francisco ke Los 
Angeles dalam waktu 30 menit.


3. Wearable Computer
14129234541758462243
     Teknologi computer yang dapat dipakai telah dimulai oleh Google Glass yang menghadirkan kemungkinan yang luar biasa, mulai dari kemudahan menonton video sampai belajar dan bermain interaktif secara 3 dimensi yang pasti dapat mengubah hidup kita. Tapi hal itu baru permulaan dari model-model masa depan yang mengumpulkan semua yang kita butuhkan di satu perangkat, dari scanner benda yang dapat memberi kita informasi komposisi benda tersebut (teknologi ini sudah tercipta, dinamai “SCiO”), sampai alat komunikasi keseluruhan yang menciptakan ketakutan akan menurunnya interaksi fisik.
4. Advanced 3D-Printing

14129234831264169714

Dengan peningkatan beberapa tahun terakhir (meskipun belum terlalu terkenal di Indonesia), teknologi 3D-Printing telah disebut sebagai “revolusi industry kedua” karena terus menerus meningkatkan kemampuannya di proses manufaktur dan menawarkan kemungkinan inovasi baru. Ilmuan memprediksi 3D-Printing akan mengubah masyarakat secara drastic dalam beberapa decade berikutnya. Peneliti telah mendesain printer yang bisa memproduksi bagian-bagian mobil, ‘mencetak’ rumah seluas 230mhanya dalam 24 jam, bahkan membuat kayu, enamel gigi, makanan, dan organ tubuh.

5. Lab-Grown Organ

1412923529263932197

Beberapa waktu yang lalu, ilmuan telah mendemonstrasikan kemampuan untuk menumbuhkan organ tubuh di laboratorium dan mengimplankan kembali hidung atau telinga ke pemilik selnya. Keberhasilan tersebut mendorong ilmuan untuk membuat organ yang lebih menantang, dan peneliti dari Austria berhasil membuat miniature otak manusia dengan menggunakan sel induk dari jaringan meristem. Organ kecil lain seperti gigi, jantung dan ginjal telah direncanakan untuk dibuat beberapa tahun mendatang, mengubah hidup orang yang kehilangan organ tubuhnya, dan menghindari kemungkinan penolakan implant dari tubuh.


6. Super Immersive Gaming


141292356233889154

Telah menjadi lebih besar dari industry film dan music, video game akan menjadi sumber entertainment utama di masa depan. Sementara perangkat virtual reality seperti Oculus Rift akan menginvasi pasar, kontroler game diperkirakan akan menghilang dalam 10 tahun digantikan oleh teknologi “haptic touch”, mengijinkan pengguna untuk menyentuh objek virtual dalam augmented reality (teknologi yang menggabungkan benda dunia maya dengan lingkungan nyata dengan cara memproyeksikan benda-benda maya tersebut di dunia nyata dalam waktu bersamaan). Di kamarnya, seorang gamer akan segera memiliki kemampuan untuk membuat klon virtual untuk mengarungi luar angkasa, masuk ke sebuah medan perang, atau berpartisipasi dalam sebuah balapan dengan sensasi yang nyata.


7. Bionic Arm


1412923633559098488


      Mulai dari “I-Limbs” sampai titan arm, teknologi exoskeleton baru yang dapat menggandakan kekuatan seseorang. Teknologi ini mendorong ledakan inovasi di bidang lengan buatan. Beberapa proyek telah mulai merevolusi lengan buatan, dan riset terbaru tentang lengan buatan yang sensitive terhadap sentuhan yang seluruhnya dikendalikan oleh pikiran akan segera tiba. Para ahli memperkirakan, lengan buatan akan terlihat hidup dan tidak dapat dibedakan dengan yang asli dalam 20 tahun.

8. Driverless Cars
14129236982072949372
Dilihat sebagai ide yang tidak realistis selama beberapa decade, walaupun konsepnya telah didemonstrasikan dan terbukti dapat diaplikasikan sejak tahun 1920, mobil tanpa pengemudi dewasa ini dianggap sebagai alternative serius yang mengakibatkan boomingnya proyek ini, dengan diperkiraan sudah beredar di pasar tahun 2015. Google driverless cars telah berkendara sejauh lebih dari 1juta kilometer secara otomatis tanpa kecelakaan sekalipun. Meyakinkan Google untuk membuat prototip terbarunya yang baru-baru ini diperkenalkan. Tanpa setir, pedal gas dan rem, mobil itu dapat bekerja dengan aman tanpa campur tangan manusia. Tipe lain dari driverless car yang bertenaga baterai yang diperkirakan meluncur di Inggris dalam 2 tahun, menunjukan masa depan dengan sedikit polusi, sedikit kecelakaan, dan membuat berkendara hanya menjadi waktu untuk bersantai.
9. Holographic Technology
14129249531796740737
Pertunjukan yang menghidupkan kembali artis yang telah meninggal membuat orang-orang berpikir teknologi holografi telah tersedia, tapi itu hanyalah ilusi yang dibuat oleh system menggunakan kaca dan lampu, yang dikenal selama lebih dari seabad sebagai teknik Pepper’s Ghost. Impian untuk membawa hologram di genggaman tangan masih menjadi mimpi saat ini, meski begitu keinginan melihat dunia hologram 3 dimensi masih menginspirasi proyek proyek terbaru. Langkah selanjutnya di hologram 3D sudah dimulai dengan diluncurkannya proyektor kecil oleh perusahaan California Ostendo yang mampu menampilkan hologram 3D yang tidak memerlukan kaca untuk bisa dilihat, dan rencana untuk dirilisnya telepon yang dapat memproyeksi hologram di 2015. Fantasi hologram yang muncul dari smartphone, tablet, dan jam tangan mungkin akan segera menjadi nyata dan merevolusi bidang seni, penyimpanan data, keamanan atau kesehatan, mengembalikan pengelihatan orang buta, atau membawa dokter langsung di dalam tubuh anda.
10. Eternal Life
14129249781370899760
Dengan semakin banyaknya orang-orang yang memperhatikan penampilannya, riset tentang anti-aging telah menjadi industry global yang besar. Menginspirasi teknologi maju seperti mesin yang dapat meregenerasi manusia yang dibuat oleh perusahaan Jerman, dan banyak lagi untuk mencari cara untuk membuat orang kaya menjadi sehat dan terlihat baik. Riset terbaru bahkan meyakinkan ilmuan bahwa kita akan dapat memutar kembali waktu di 2020-an, dengan ditemukannya beberapa spesien seperti cacing pipih planaria, beberapa jenis ubur-ubur dan hydra, yang tidak mati karena penuaan, karena pengaruh gen “FOXO” yang diketahui juga dapat mengontrol umur manusia. Sebuah studi di Harvard juga menemukan bahwa mengubah DNA tikus dapat mengakibatkan “Benjamin Button Effect” (penuaan yang mundur), dan tes di manusia sudah direncanakan. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang kemungkinan kelebihan populasi manusia, yang sudah diperdebatkan oleh para ilmuan.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar