world of knowledge Home / About me /

Rahasia dibalik Inovasi Jepang

Leave a Comment

Hey, jumpa lagi.... kali ini kita akan membahas rahasia dibalik kemajuan Jepang. Sudah pasti Sobat mengenal negara tersebut. Banyak produk-produk Jepang yang meluncur di pasar internasional. Lalu apa rahasia kesuksesan Jepang ini. Ini dia jawabannya...

Sebagai negara maju di bidang inovasi teknologi, Jepang punya sistem terpadu untuk mengembangkannya. Dimulai dari sistem pendidikan, penerapan teknologi dasar yang diantaranya warisan leluhur, serta melibatkan perusahaan kecil dan menengah menjadi industri pendukung.

Pemerintah Jepang merancang sistem pendidikan yang menghasilkan teknisi andal untuk mengembangkan inovasi teknologi di negaranya. Dengan mendirikan College of Technology atau Kouto Senmon Gakko yang disingkat Kosen, jenjang pendidikan itu mirip Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Namun lama belajarnya selama 5 tahun.

Mantan Perdana Menteri Jepang Fukuda Yasuo di Bandung mengatakan, sistem pendidikan itu berperan besar dalam memajukan inovasi teknologi di Jepang. Sekolah lanjutan bagi para lulusan SMP di Jepang itu lebih banyak mengasah pengetahuan dan kemampuan praktik serta berbagai uji coba. "Sejak 1982, sudah ada 300 siswa dari Indonesia yang ikut," kata Fukuda di acara Indonesia-Japan Innovation Convention di gedung Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Ahad, 2 Desember 2012.

Kini, sudah ada 57 Kosen negeri dan swasta di Jepang dengan jumlah siswa mencapai 60 ribu orang. Setelah lulus, mereka bisa langsung bekerja atau kuliah di perguruan tinggi untuk mengambil spesialisasi. "Institusi itu bertujuan untuk mendidik teknisi yang kreatif dan produktif," kata Presiden Japan Indonesia Association (JAPINDA) itu.

Jepang menguatkan teknologi dasar untuk menghasilkan berbagai inovasi. Teknologi dasar itu diantaranya berasal dari warisan leluhur, misalnya tentang pendirian bangunan tahan gempa. Tokyo Sky Tree yang baru dibuka Mei lalu sebagai menara pemancar gelombang tertinggi di dunia setinggi 634 meter, kata Fukuda, rancangan tahan gempanya memakai teknologi menara pagoda kayu Gojuu-no-Tou yang didirikan 1300 tahun silam.

Selain itu, pemerintah juga melebarkan kesempatan berbisnis dengan cara melibatkan perusahaan kecil dan menengah yang punya keunggulan penguasaan teknologi dasar dan kreativitas tinggi. Misalnya dalam pembangunan gedung, serta industri mobil hemat energi serta kendaraan listrik. Usaha kecil dan menengah itu diantaranya terlibat dalam penyediaan suku cadang "Teknologi semacam ini tidak dapat dikatakan sebagai teknologi tinggi, namun tanpa ini semua, produk hasil teknologi tinggi tidak dapat berfungsi dengan baik," katanya.

Sekian kali ini terima kasih.
Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar